div id="wrapper">

PERLENGKAPAN DASAR untuk MEMULAI SCUBA DIVING

Perlengkapan dasar Mandatory yang akan digunakan untuk mengikuti kursus belajar diving adalah Snorkel, masker dan kaki katak (Fins).

Masker selam digunakan untuk melindungi mata, sebagian wajah dan hidung dari masuknya air. Masker selam terbuat dari silikone atau karet dan haruslah kedap air.

Dibagian sisi masker terdapat tempat untuk memasang snorkel, masker bisa berembun bila penyelam memaksa bernafas menggunakan hidung. Masker Diving banyak ukurannya. Biasanya Dive Shop menyediakan khusus untuk ukuran anak-anak dan dewasa.

Penyelam harus memakai masker selam yang nyaman untuk dapat melihat di dalam air. Cocok dan nyaman saat dipakai adalah faktor utama dalam memilih Masker. Ini sangat penting, karena ketika masker tidak berfungsi dengan maksimal akan mengganggu aktifitas menyelam.

Energi akan terbuang karena fokus di masker selam yang tidak nyaman saat kita pakai. Hal ini justru sangat menyiksa penyelam. Pilihlah Masker yang sesuai dengan kenyamanan anda sebelum melakukan penyelaman.

Snorkel merupakan perlengkapan dasar berikutnya yang dibutuhkan oleh penyelam. Snorkel terdiri dari selang udara dan pelindung mulut, selang berdiameter 2 cm dan panjangnya sekitar 30 cm. Pilihlah panjang Snorkel sesuai dengan kenyamanan anda.

Selang yang terlalu panjang membuat penyelam akan kesulitan dalam bergerak, ini juga akan mengakibatkan penyelam menghisap karbon dioksida yang tertahan di selang. Pilihlah Snorkel sesuai dengan kenyamanan anda.

Fins atau Kaki katak adalah sepatu karet yang berguna sebagai pendorong saat kita berenang dan bermanuver di bawah air. Fins akan membuat dorongan renang lebih seimbang dan cepat. Kelincahan dalam menggunakan kaki katak sangatlah berarti. Efisiensi dalam Menyimpan energi pada saat menyelam dengan Fins yang cocok di medan penyelaman yang berbeda dan pastinya penyelam akan merasakan kecepatan gerak selam yang lebih efektif.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang cara memilih perlengkapan Diving anda yang benar dapat di lihat di www.belajardivingjakarta.net.

← back